Root VS JailBreak

Root VS JailBreak – Kebutuhan setiap orang akan kegunaan smartphone pasti berbeda – beda. Ada yang sudah suka dengan aplikasi bawaan, tapi tidak sedikit orang yang menuntut yang lebih, Harga Smartphone 2017. Ingin menambah lebih banyak fitur hingga ingin mengkustomisasi perangkat hingga menjadi lebih personal dengan cara modding, baik pada OS Android atau di iOS.

Setiap pembuat system opersi pasti memberikan batasan pada setiap OS yang dibuatnya demi untuk keamanan untuk para penggunanya. Seperti pada apple yang harus melakukan Jailbreak pada perangkatnya dan bagi pengguna Android harus menggunakan akses Root untuk dapat membuka batasan yang diberikan oleh para pembuat OS tersebut.

root device android

Du metode modding ini jelas berbeda. Masing – masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Untuk mengetahui perbedaannya, mari kita lihat di bawah ini.

Root VS JailBreak

Apa itu jailbreak ? dan apa itu Root ?

Root dan Jailbreak kedua modding ini sebenarnya hampir sama. Fungsinya yaitu untuk membuka batasan yang ada pada suatu system operasi dengan tujuan memberikan kamu hak akses untuk dapat masuk ke dalam file yang dilindungi oleh system operasi tersebut. Nah setelah kamu mendapatkan izin untuk mengakses setiap file yang ada di dalam operating system ini, kamu akan lebih mudah untuk melakukan perubahan pada system operasi kamu agar lebih fungsional.

Melakukan root atau jailbreak sama halnya kamu membuat akun administrator yang dapat memberikan kamu hampir semua hak yang dapat dilakukan oleh pengguna smartphone. Seperti halnya untuk memodifikasi file system, menginstall aplikasi yang dilarang, dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan oleh setiap pengguna operating system tersebut.

Tapi perlu kamu ingat sebelum kamu melakukan hal ini, kamu akan kehilangan garansi yang diberikan oleh vendor smartphone kamu. Tidak hanya garansi, namun dengan melakukan hal ini akan membuat smartphone kamu lebih rentan terkena virus dan malware.

Perbedaan JailBreak dengan Root

Sebagian orang mengira bahwa perbedaan pada kedua jenis modding ini hanya terletak pada jenis perangkatnya saja. Dan sering kali orang menukar kedua istilah ini. tapi yang jelas, secara teknis proses dari rooting dan jailbreak ini sangatlah berbeda.

Rooting dilakukan untuk memdapatkan control yang lebih dalam, ke dalam operating system yang kita gunakan hal ini biasa juga kita sebut akses Root. Hasil dari proses rooting ini akan memberikan kamu keleluasaan untuk mengganti aplikasi bawaan dari system tersebut bahkan menghapusnya, untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan izin dari administrator, http://hargahub.com/3346/daftar-harga-xiaomi-redmi-terbaru/ menjalankan operasi lain yang tidak bisa dilakukan oleh pengguna android pada umunya.

Untuk jailbreak, proses ini dilakukan untuk melewati batas dari beberapa jenis larangan yang dibuat oleh pembuat system operasi. Hasil dari proses ini adalah anda dapat merubah system operasi bawaan dari Apple, memasang aplikasi yang tidak diakui oleh pihak Apple secara tidak resmi, hingga memberikan hak akses yang lebih tinggi kepada para pengguna.

Nah itulah pengertian sekaligus perbedaan dari Root dengan JailBreak. Namun dengan melakukan kegiatan ini bukan berarti tidak ada resiko yang didapatkan. Tapi setiap kegiatan pasti ada resiko yang akan didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *