Keutamaan Shalat Lima Waktu Untuk Umat Muslim

Keutamaan Shalat Lima Waktu – Kelebihan (keutamaan) shalat lima waktu | Shalat lima waktu untuk semua muslimin serta muslimat didunia hukumnya harus. Shalat lima waktu terbagi dalam shalat subuh, dzuhur, ashar, magrib serta isya. Shalat adalah rukun islam yang ke-2.

Keutamaan Shalat Lima waktu

Keutamaan Shalat Lima Waktu

Sholat adalah amalan yang paling penting serta amalan yang pertama kalinya di bertanya ketika di alam pendam. Sholat adalah tiang agama serta jika banyak muslim yang meninggalkan sholat jadi bakal berlangsung keruntuhan agama islam, simak penjelasan lebih lenjut diberanda ezramadhan.com. Orang yang meninggalkan sholat juga termasuk kedalam orang – orang yang berdosa besar. Diluar itu Nabi Muhammad saw juga menerangkan kalau orang yang meninggalkan sholat harus atau sholat lima waktu ketika hari akhir atau kiamat bakal berbarengan – sama juga dengan orang – orang seperti Fir’aun, qorun, Ubay bin khalaf serta haman. Dalam pengerjaannya sholat wajib di untuk jadi dua yakni sholat harus serta sholat sunnat. Sholat harus atau sholat lima waktu mempunyai kelebihan sendiri dibanding dengan sholat sunnat.

Keutamaan sholat lima waktu
Nabi muhammad saw banyak menerangkan kelebihan ataukeutamaan shalat lima waktu, dintaranya yakni :

1. Solat lima waktu adalah beribadah yang di syariatkan segera oleh Alloh swt pada Rosululloh saw tidak ada penghubung malaikat.
Tidak sama dengan beribadah – beribadah dan perintah yang lain shalat di sampaika pada nabi muhammad tidak ada penghubung malaikat tengah amalan serta perintah yang lain di sampaikan lewat penghubung beberapa malaikat. Perintah sholat lima waktu berlangsung waktu isra’ mi’raj.

2. Sholat lima waktu yaitu beribadah yang di wajibkan di langit, sedang keharusan – keharusan yang lain diharuskan di bumi.
3. Solat Lima waktu bisa menghapus dosa.
Hal semacam ini di terangkan dalam satu hadist dari Abu Hurairah r. a. kalau Rosululloh bersabda :

shalat lima waktu

Kenapa cuma dosa kecil serta dosa besar tak diterangkan bakal terhapus? ya karena dosa besar akan tidak terhapus cuma dengan satu amal shaleh walau demikian mesti dibarengi dengan taubatan nasuha serta tak mengulangi kesalaan lagi.

4. Sholat subuh di saksikan ole beberapa malaikat dan beberapa malikat melindungi orang yang lakukan sholat subuh.
Alloh swt berfirman di dalam QS. Al- Isra’ ayat 78 :

sholat lima waktu

Lafadz (Aqimusshalata liduluuki ssyamsi ilaa ghasaqi llaili waquraa nal fajri inna quranalfajri kaana masyhudan.)

Artinya :

sholat lima waktu

5. Sholat ashar adalah sholat wustha.
Dalil naqli terdapat didalam potongan Qs. Al – Baqarah ayat 238

salat lima waktu

Lafadz (khafidu ‘ala ssalawati wassalawatil wusta waqumullahi qanitiin. )

Artinya :

shalat wajib

Sholat wusta yaitu sholat ashar juga terdapat dalam satu Hadist :

shalat limawaktu

6. Sholat Subuh serta Ashar bisa mengantarkan ke syurganya Alloh swt
Suatau hadist dari AbuMusa r. a. kalau Rosulullah saw bersabda : ” Siapa saja yang kerjakan sholat pada dua waktu (subuh serta ashar) jadi pasti dia bakal masuk syurga. ” (HR. Al- Bukhari serta Muslim)

7. Dengan sholat Alloh swt bakal mempermudah untuk lihat dzat Alloh tanpa ada berdesakan di syurga.
Hal semacam ini diterangkan dalam satu Hadist :

Dari jabir bin Abdullah r. a. berkata , Rosulullah saw bersabda :

shalat lima waktu

8. Melindungi sholat subuh serta sholat ashar bisa mengakibatkan masuknya seorang kedalam syurga serta menyelamatkan dari api neraka.
Hal semacam ini diterangkan dalam satu hadist dari Imarah bin ru’aibah r. a. :

“Rosulullah bersabda : “Tidak bakal masuk neraka seorang yang menggerakkan sholat sebelumnya terbit serta sebelumnya terbenamnya matahari. ” (HR. Muslim) .

9. Orang yg tidak melakukan shalat ashar memperoleh dosa seperti orang yang dikurangi anggota keluarganya serta semua hartanya.
Hadist yang menerangkan :

‘Abdullah bin umar r. a. , menyampaikan kabar kalau Rosulullah saw bersabda : ” Orang yg tidak kerjakan sholat ashar seperti yang di kurangi (anggota) keluarganya serta semua harta bendanya. ” (HR. Muslim serta At-Tirmidzi)

10. Bila seorang meninggalkan sholat selalu – menerus karna malas jadi termasuk orang kafir.
Di dalam QS. Maryam ayat 59 – 60 diterangkan :

shalat lima waktu

Lafadz (Fakhalafa min ba’di him khalfun ado’u sshalata watama’ussyahawati fasaufa yalqaunagayyan. illa man taaba wa’amila salihan faulaaika yadkhuluunal jannata wala yudlamuuna syaian.)

 

Baca juga: Dosa Meninggalkan Shalat Lima Waktu Lebih Besar Dari Dosa Berzina

Keterangan diatas merupan beberapa kecil keutamaan dari salat lima waktu atau shalat harus. Oleh karena itu dengan keterangan diatas saja kita sudah mengetahui bagaimana faedah dan keutamaannya dari shalat lima waktu serta mudah-mudahan kita tak malas lagi untuk kerjakan sholat fardhu yang disebut kewajib kita. Mudah-mudahan kita termasuk orang yang mujur serta bisa terlepas dari api neraka dan tak termasuk juga orang yang rugi serta kafir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *